Jumat, 04 Maret 2016

Usaha Pertolongan Pertama Penyakit DBD

Mencegah dan usaha pertolongan pertama penyakit dbd atau demam berdarah adalah hal penting yang perlu diketahui dengan sumber Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Departemen Kesehatan e-mail  info@puskom.depkes.go.id.

Usaha Pertolongan Pertama Penyakit DBD
Usir Dengan Hit Obat Nyamuk

Pencegahan DBD

Demam Berdarah Dengue. Untuk pencegahan demam berdarah atau menghindari penyakit yang belum ada obat maupun vaksinnya ini, masyarakat diminta menjaga kebersihan lingkungan, melakukan pemberantasan jentik nyamuk dengan 3M Plus (mengubur, menguras dan menutup plus hindari gigitan nyamuk).

Waspada terutama pasca banjir, pergantian musim, dan pada waktu curah hujan jarang terjadi dimana banyak penampungan air seperti vas bunga, tendon air/ water toren, bak mandi, tempayan serta ban bekas, kaleng bekas, botol minuman bekas dan sebagainya yang dekat dengan lingkungan pemukiman penduduk tidak dibersihkan, sehingga menjadi tempat perindukan nyamuk Aedes Aegypti penular DBD.

Nyamuk ini juga menularkan penyakit Chikungunya yang menyerang otot-otot dan menimbulkan nyeri berat. Menggigit pada siang hari dengan waku efektif 2 jam setelah matahari terbit (pukul 08.00 12.00 dan beberapa jam setelah matahari tenggelam (pukul 15.00 – 17.00). Setelah digigit nyamuk, antara 3 – 14 hari kemudian atau biasanya 4 – 7 hari akan menunjukkan gejala atau tanda-tanda DBD.

Penyakit demam berdarah ini dapat dicegah dengan menghindari gigitan nyamuk Aedes Aegypti, yaitu menggunakan obat nyamuk oles (repellent), menggunakan kelambu bila tidur siang, dan usir nyamuk dengan obat nyamuk bakar/ semprot baik di dalam maupun di luar rumah pada pagi dan sore hari.

Mencegah DBD - Demam Berdarah
Tanda atau gejala Demam Berdarah
Muncul seperti bintik-bintik merah pada kulit. Selain itu suhu badan lebih dari 38OC, badan terasa lemah dan lesu, gelisah, ujung tangan dan kaki dingin berkeringat, nyeri ulu hati, dan muntah. Dapat pula disertai pendarahan seperti mimisan dan buang air besar bercampur darah serta turunnya jumlah trombosit hingga 100.000/mm3. Tidak perlu menunggu semua gejala ini muncul, bila menemukan beberapa tanda segera periksakan ke dokter atau sarana kesehatan terdekat.

Pertolongan pertama demam berdarah
Penderita dapat diberikan minum sebanyak-banyaknya (air masak, air dalam kemasan, air teh, dsb), mengompreskan air dingin pada penderita, serta memberikan obat penurun panas. Bila ada riwayat kejang, berikan obat anti kejang. Baca Juga "Cegah DBD dengan Hit Obat Nyamuk"

http://infokami-trinity.blogspot.com/2016/03/cegah-dbd-dengan-menjaga-kebersihan.html
http://hitobatnyamuk.bitballoon.com/
https://bitbucket.org/satriaseo/hit-obat-nyamuk/wiki/Home

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More